Sabtu, 09 Juni 2012

GURU PESERTA PLPG 2012

 GURU SDI AT-TAUBAH PESERTA PLPG TAHUN 2012

Pada Angkatan II PLPG Tahun 2012 Rayon 137 Jakarta Timur, terdapat 5 orang Guru SD Islam At-Taubah yang memperoleh kesempatan mengikuti pembekalan PLPG yaitu, Ibu Bangun Sugiastuti, Ibu Yulita Anggraini, Ibu Agus Bandriyati, Bapak H. Muhamad Nur dan Ibu Sri Narni Lestari.

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) adalah bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, profesionalisme, dan menentukan kelulusan guru peserta sertifikasi yang belum mencapai batas minimal skor kelulusan pada penilaian portofolio.
”Kami tidak menyangka akan dipanggil pada kesempatan pertama dari SD Islam At-Taubah, karena pemanggilan peserta PLPG adalah berdasarkan skor nilai pada Ujian Kompetensi Awal (UKA) peserta Guru SDN dan SD Swasta se DKI Jakarta” komentar seorang Guru yang ikut pada PLPG ini.

Untuk Tahun 2012, Kemendiknas telah menetapkan Guru SDN-S di Jakarta Timur untuk mengikuti Program PLPG Rayon 137, yang di selenggarakan oleh Universitas Prof. DR. HAMKA Jakarta selama kurang lebih 90 jam atau 9 hari untuk pembekalan materi dan 1 hari Ujian Materi yang telah diberikan.
Adapun materi PLPG meliputi empat kompetensi guru, yaitu: pedagogik, profesional, kepribadian, dan  sosial, dengan standardisasi materi ditentukan oleh LPTK – Dikti Kemendiknas.

”Persaingan untuk memperoleh sertifikasi Guru jelas tampak pada saat pembekalan materi, dimana guru dengan kemampuan dan pengalaman berbeda ditempatkan pada satu atap. Apalagi selama 7 hari kami diinapkan di Asrama Haji Pondok Gede, dalam satu kamar terdiri dari 9 – 10 peserta dari berbagai sekolah. Selanjutnya selama 3 hari kami belajar di Kampus UHAMKA Ciracas.” dijelaskan oleh salah seorang Guru SDI At-Taubah.

Setelah kegiatan pembekalan materi, para Guru diuji secara tertulis untuk mengungkap kompetensi profesional dan pedagogik. Guru juga diuji kinerjanya untuk mengungkap kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial. Penilaian Kinerja Guru juga dinilai selama proses pelatihan berlangsung. Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial dinilai melalui penilaian teman sejawat
”Setelah kami melaksanakan seluruh kegiatan memang melelahkan, tapi kami akui sangat menyenangkan, karena selama kegiatan kita dapat melihat kemampuan yang ada terutama pada saat kompetensi pembelajaran bersama guru dari lain sekolah, serta kita juga memperoleh banyak pengetahuan mengenai tata cara pembelajaran yang nantinya dapat memberikan manfaat dalam menjalankan peran sebagai guru pendidik”. komentar Guru lainnya.

“Diharapkan hasil pembekalan ini akan membawa banyak manfaat guna kemajuan pendidikan terhadap siswa di At-Taubah, dan untuk Guru sendiri akan semakin meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya dalam menjalankan profesi Guru. Terlebih lagi bila telah memperoleh sertifikasi dan tunjangannya Guru tersebut akan senantiasa kami pantau perkembangan berdasarkan kompetensi IPA (Integrity, Professionality dan Ability) dan seharusnya meningkat dibandingkan sebelumnya” demikian dikatakan Widya Sananda selaku Sekretaris Bidang Pendidikan At-Taubah.

Berdasarkan informasi data dari pihak UHAMKA Jakarta, untuk kegiatan PLPG Angkatan ke-III telah dipanggil peserta dari SD Islam At-Taubah Pulo Mas yaitu Bapak Syahriza Akbar, Ibu Suryani, dan Bapak Nuruddin. Untuk PLPG Angkatan ke-IV Bapak Wendi Rahmat, sedangkan yang lainnya menunggu pemberitahuan pada Angkatan selanjutnya.
(sesbid-att-2012).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar